Loading...

7 April 2015

PERKEMBANGAN BAHASA LISAN DAN BAHASA TULISAN ANAK USIA DINI



PERKEMBANGAN BAHASA LISAN DAN BAHASA TULISAN ANAK USIA DINI


BAB 1 PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Belakang merupakan alat komunikasi yang digunaqkan oleh seseorang dalam pergaulannya atau hubungannya dengan orang lain. Bahasa disebut juga alat bergaul, penggunaan bahasa menjadi efektif sejak seorang individu berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa harus dipelajari oleh setiap manusia, apabila yang tinggal dinegara indonesia, harus belajar bahasa indonesia. Tidak hanya orang dewasa yang harus mempelajari bahasa indonesia, tetapi anak-anak juga harus mempelajari bahasa indonesia yang benar.
Dalam bahasa ada yang disebut dengan ragam bahasa. Dimana ragam bahasa merupakan variasi bahasa yang pemakaiannya berbeda-beda. Ada dua ragam bahasa yang akan dibahas pada makalah ini yaitu ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulisan.
Anak usia dini akan mengalami perkembangan berbahasa namun tidak akan sama pencapaiannya karena setiap anak berbeda-beda, ada yang dapat berbicara dengan cepat dan ada pula yang membutuhkan waktu yang agak lama.

B.     Rumusan Maslah
1.      Bagaimana penggunaan bahasa lisan dan tulisan bagi anak usia dini ?
2.      Mana yang lebih baik bagi anak usia dini, bahasa lisan atau bahasa tulisan ?
3.      Kelebihan dan kelemahan bahasa lisan dan berbahasa tulisan !


BAB II
PEMBAHASAN

A.    1. Penggunaan Bahasa Lisan Bagi Anak Usia Dini

Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaiannya yang berbeda-beda menurut masalah yang dibicarakan, menurut lawan bicara dan orang yang dibicarakan (Bachman 1990). Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbiter yang dihasilkan oleh ucapan manusia dan dipakai oleh manusia untuk berkomunikasi.
Bahasa lisan adalah bahan atau kata yang dihasilkan oleh ucapan dengan fonem sebagai unsur dasar. Dalam bahasa lisan kita akan berhubungan dengan tata bahasa, kosa kata dan lafal. Dalam bahasa lisan pembicara dapat menggunakan tinggi rendah suara atau tekanan, gerak tangan atau isarat untuk mengungkapkan pendapat.
Bahasa lisan lebih ekspresif dengan bentuk mimik, intonasi dan gerakan tubuh dapat bercampur menjadi satu untuk mendukung komunikasi yang akan berlangsung.

A.    Fungsi bahasa lisan bagi anak usia dini
a.       Untuk berkomunikasi dengan orang lain.
b.      Dapat mengembangkan kemampuan kreativitas anak melalui berdongeng dan bernyanyi.
c.       Mengekpresikan yang dialami dan dipikirkan anak.
d.      Untuk menangkap pesan dari lawan bicara.

B.     Pengembangan bahasa lisan bagi anak usia dini
a.       Dapat bertanya dan menjawab pertanyaan
b.      Dapat berbicara lancar
c.       Mengenal kosa kata
d.      Berbicara dengan sederhana
e.       Memberikan keterangan
f.       Melanjutkan cerita dengan bahasanya
g.      Bercerita kembali dengan gambar

2. Penggunaan Bahasa Tulisan Bagi Anak Usia Dini

Dalam membangun pengetahuan pada anak tidak terlepas dari peran orang tua sebagai pendidik dirumah dan peran guru sebagai pendidik dilingkungan sekolah. Peran guru yang diharapkan adalah guruyang mapu membangun pengetahuan pada anak dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk berekplorasi, sehingga anak mampu membangun pengetahuan dari anak membangun pengetahuan dari apa yang dilakukannya.
Tujuan utama mengembangkan kemampuan menulis pada anak-anak yaitu mengenalkan kepada mereka tentang kesenangan dalam menulis. Dimana pendidik dapat memberikan pengertian kepada anak bahwa menulis sesuatu yang menyenangkan bukan sesuatu yang dapat membuat anak menjadi bosan. Agar anak bersemangat untuk menulis maka pendidik memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar dan mencoret-coret, karena gambar dan coretan adalah tulisan pertama anak. Dengan perlahan-lahan anak akan belajar menulis huruf-huruf dan angka, namun guru harus bersabar dalam mengembangkan penggunaan bahasa tulisan pada anak.
Fungsi bahasa tulisan bagi anak usia dini
a.       Dapat mengenal huruf, bentuk dan warna
b.      Untuk melatih motorik halus anak

C.     Bahasa Yang Baik Bagi Anak Usia Dini
Sebagai kebutuhan dan keinginan dengan berbicara anak mudah untuk menjelaskan kebutuhan dan keinginan tanpa harus menunggu orang lain untuk mengerti tangisan, gerak tubuh dan ekpresi wajahnya. Saya berpendapat bahwa bahasa yang baik digunakan dan yang pertama digunakan adalah bahasa lisan karena dengan bahasa lisan anak dapat mengungkapkan pendapat. Perkembangan dapat dikatakan sebagai suatu urutan-urutan perubahan yang bersifat sistematis, dalam arti saling kebergantungan atau saling mempengaruhi antara aspek-aspek fisik dan spikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis. Sebagao contoh, anak diperkenalkan bagaimana cara memegang pensil, membuat huruf-huruf dan diberi latihan oleh orang tuanya. Kemampuan belajar menulis akan mudah dan cepat dikuasai anak apabila proses latihan diberikan pada saat untuk memahami bentuk huruf telah diperoleh. Dengan demikian anak mampu memegang pensil dan membaca bentuk huruf.
Pada usia 1 tahun, selaput otak untuk pendengaran membentuk kata-kata mulai saling berhubungan. Sejak usia 2 tahun anak sudah banyak mendengar kata-kata atau memiliki kosa kata yang luas. Gangguan pendengaran dapat membuat kemampuan anak untuk mencocokkan suara dengan huruf menjadi terlambat.
Bahasa anak mulai menjadi bahasa orang dewasa setelah anak mencapai usia 3 tahun. Pada saat itu anak sudah mengetahui perbedaan antara saya, kamu dan kita.
Dengan uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa anak akan melihat dan mendengarkan tentang apa yang dilakukan oleh orang dewasa, maka kita sebagai seorang pendidik harus memberikan bahasa yang baiak bagi anak yang mudah dimengerti oleh anak.
D.    Kelebihan Dan Kelemahan Bahasa Lisan Dan Tulisan
a.       Kelebihan bahasa lisan
-          Bahasa lisan merupakan bahasa yang primer
-          Dapat disesuaikan dengan situasi
-          Bahasa lisan lebih ekspresif
b.      Kelemahan bahasa lisan
-          Bahasa lisan dipengaruhi oleh wakru dan kondisi
-          Yang dibicarakan belum tentu dapat dimengerti oleh pendengaran
c.       Kelebihan bahasa tulisan
-          Adanya penggunaan tanda baca
-          Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi
-          Tidak terkait dengan kondisi dan waktu
d.      Kekurangan bahasa tulisan
-          Sering terjadi salah paham
-          Perlu pemahaman bagi yang menerima
-          Tidak dapat bertemu secara langsung
Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa bahasa lisan dan bahasa tulisan, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar