DAFTAR
CEK MASALAH
Daftar
Cek Masalah(DCM) merupakan alat
pengumpul data yang memuat pernyataan-pernyataan tentang masalah yang biasanya
dialami oleh individu. Dapat juga dikatakan bahwa suatu
metode untuk mengumpulkan data yang berupa suatu pernyataan (statement) tentang
sifat, keadaan, kegiatan tertentu dan sejenisnya. Setiap pernyataan yang cocok
dengan dirinya diisi chek atau tanda-tanda lainnya yang ditetapkan. Sedangkan
pernyataan-pernyataan yang tidak cocok dengan dirinya tidak diisi.
Metode
inventori (Daftar Cek Masalah/DCM) mempunyai persamaan dengan metode kuesioner,
yaitu kedua-duanya menggunakan instrumen yang berupa suatu daftar. Perbedaannya
ialah kalau dalam kuesioner instrumennya berupa daftar pertanyaan yang harus
dijawab oleh subyek. Sedangkan metode inventori (Daftar Cek Masalah/DCM)
instrumen berupa pertanyaan yang harus dipilih oleh subyek sesuai dengan
keadaan dirinya. Metode inventori (Daftar Cek Masalah/DCM) merupakan salah satu
laporan diri atau deskripsi diri yang dipakai untuk mengetahui adanya masalah
yang dihadapai individu secara langsung menggunakan alat-alat tertentu
Kebaikan
dan Kelemahan Inventori (Daftar Cek Masalah/DCM) Ada keuntungan dari inventori.
Metode ini dilaksanakan dan mudah pula cara pemberian markahnya dengan
mengikuti petunjuk-petunjuk yang ditetapkan. Pelaksanaan inventori lebih lanjut
dapat menimbulkan self kritis pada siswa yang mengisi inventori tersebut.
Metode inventori merupakan metode pengumpulan data yang cukup efektif, sebab
dapat menjaring data yang cukup banyak dalam waktu yang relatif singkat. Metode
inventori ini juga mempunyai kelemahan. Para siswa hanya memberikan respon
dalam bentuk verbal saja. Pemgumpulan data terpaksa hanya tergantung kepada
kejujuran dan keiklasan para siswa. Seringkali subyek tidak memberikan jawaban
yang benar karena adanya beberapa alasan
Fungsi
dari DCM, yaitu
1. Memudahkan
individu mengemukakan masalah yang pernah dan sedang di alami.
2. Daftar cek berfungsi dalam rangka
observasi yang berkaitan dengan proses hubungan membantu (helping relationship)
adalah sebagai alat pencatat hasil observasi, perilaku, kegiatan atau situasi
individu yang diamati.
Manfaat
daftar
Daftar cek bermanfaat untuk
mendapatkan factor-faktor yang relevan dengan permasalahan yang sedang
dihadapi. Hasil pengamatan dapat dengan segera dicatat dalam daftar cek yang
telah dipersiapkan sebelumnya. Dengan demikian dapat diartikan bahwa dengan
menggunakan daftar cek obsever hanya tinggal menandai factor-faktor perilaku
yang cocok ataupun tidak cocok dengan daftar cek
· Masalah Kesehatan
· Masalah Ekonomi
· Masalah Rekreasi dan
Hobby/Kegemaran
· Masalah Kehidupan
Sosial
· Masalah Hubungan
Pribadi
· Masalah Muda-Mudi
· Masalah Kehidupan
Keluarga
· Masalah Agama dan
Moral
· Penyesuaian terhadap
Sekolah
·
Masalah Masa depan dan Cita-Cita
LEMBAR
DCM SISWA
Pengantar
Di bawah ini ada sejumlah pernyataan
yang mungkin berkaitan dengan persoalan saudara dengan keluarga, teman,
pelajaran, hobi, agama, dan kesehatan. Tugas saudara adalah memberi
tanda lingkaran pada nomor di lembar jawab bila pernyataan tersebut
selama ini benar-benar sesuai dengan kedaan saudara. Jawaban ditulis pads
lembar jawab yang telah disediaka.
Tidak ada jawaban yang salah, semua
jawaban adalah benar kecuali yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.
Jawaban saudara bersifat pribadi dan dijamin kerahasiaannya, oleh sebab itu
saudara diminta menjawab dengan sejujur-jujurnya sesuai keadaan yang
sebenarnya. Jawaban ditulis pada lembar jawab yang disediakan.
NO
|
TOPIK
|
|
I. KESEHATAN
|
1
|
Sering sakit kepala?
|
2
|
Sering sakit sekarang?
|
3
|
Jantung sering berdebar-debar?
|
4
|
Sering keluar keringat?
|
5
|
Kesehatan sering terganggu?
|
6
|
Pernah operasi?
|
7
|
Merasa terlalu gemuk?
|
8
|
Merasa terlalu kurus?
|
9
|
Selalu kurang nafsu makan?
|
10
|
Merasa kurang bahagia karena
cacat?
|
11
|
Sering kurang/ tidak dapat tidur?
|
12
|
Merasa lelah dan tidak
bersemangat?
|
13
|
Makanan kurang mamanuhi syrat
kesehatan?
|
14
|
Sering merasa mengantuk?
|
15
|
Penglihatan saya kurang?
|
16
|
Saya sering pusing/pening?
|
17
|
Pendengaran saya kurang?
|
18
|
Saya menderita gagap?
|
19
|
Kurang hawa segar?
|
20
|
Sering gemetar dan keluar
keringat?
|
21
|
Mudah kaget dan gugup?
|
22
|
Sering pingsan?
|
23
|
Tekanan darah terlalu rendah?
|
24
|
Tekanan darah terlalu tinggi?
|
25
|
Mempunyai penyakit menahun?
|
|
II. KEADAAN EKONOMI
|
26
|
Uang saku saya tidak mencukupi
|
27
|
Kekurangan buku2 karena tidak
mampu membeli
|
28
|
Terpaksa sambil bekerja karena
ekonomi tdk cukup
|
29
|
Tidak tahu bagaimana caranya
menambah biaya sekolah
|
30
|
Saya sering meminjam uang
|
31
|
Penerangan lampu dirumah kurang
cukup
|
32
|
Sering berjalan kaki kesekolah
padahal rumah jauh
|
33
|
Orang tua tidak mempunyai
pekerjaan tetap
|
34
|
Uang sekolah saya terlalu tinggi
|
35
|
Terlalu banyak saudara yang harus
dibiayai
|
36
|
Saya tidak pernah mendapat uang
saku
|
37
|
Ibu/saudara ikut mencari
penghasilan tambahan
|
38
|
Terpaksa sering menunggak membeyar
SPP
|
39
|
Tamat sekolah terpaksa tdk
meneruskan ke perguruan tinggi
|
40
|
Ayah dan Ibu tidak hidup bersama
|
41
|
Keluarga saya hidup berantakan
|
42
|
Saya tidak puas dengan keadaan
saya
|
43
|
Saya ikut orang lain karena orang
tua saya tidak mampu
|
44
|
Orang tua saya mampu dan saya
ingin segala keinginan saya dipenuhi
|
45
|
Saya ingin orang tua tidak terlalu
mengekang
|
|
III. KEHIDUPAN KELUARGA
|
46
|
Saya anak tunggal
|
47
|
Saya anak sulung
|
48
|
Saya anakbungsu
|
49
|
Saya adalah tidak berayah
|
50
|
Saya adalah tidak beribu
|
51
|
Saya selalu dimanaj orang tua
saya/saudara
|
52
|
Saya tidak hidup bersama orang tua
|
53
|
Ayah/Ibu pulang kerja terlalu
petang
|
54
|
Di rumah terlalu sibuk dengan
membantu orang
|
55
|
Pusing ayah ibu selalu bertengkar
|
56
|
Mata pencaharian orang tua
mengganggu pikiran
|
57
|
Orang tua kurang memperhatikan
|
58
|
Orang tua selalu mencampuri urusan
saya
|
59
|
Saya sukar menyesuaikan diri
dengan ayah
|
60
|
Saya sukar menyesuaikan diri
dengan ibu
|
61
|
Saya kurang senang dirumah
|
62
|
Kehidupan dirumah kurang teratur
|
63
|
Keluarga kurang tolong menolong
|
|
IV. AGAMA DAN MORAL
|
64
|
Tidak sungguh-sungguh menerima
pelajaran agama
|
65
|
Masih meragukan adanya tuhan
|
66
|
Sering timbul keinginan berganti
agama
|
67
|
Malas bersembahyang
|
68
|
Tidak sungguh-sungguh dalam
mengerjakan ibadah
|
69
|
Kurang merasakan manfaat agama
|
70
|
Sering berdusta
|
71
|
Sering ingkar janji
|
72
|
Sering tidak mengakui kesalahan
|
73
|
Sering iri hati
|
74
|
Ucapan dan perbuatan sering tidak
sesuai
|
75
|
Sering mengambil barang orang lain
|
76
|
Sering mempermainkan orang lain
|
77
|
Pernah melanggar kesusilaan
|
78
|
Kurang dapat bertoleransi dengan
pemeluk agama lain
|
79
|
Kurang merasa iba terhadap
penderitaan orang lain
|
80
|
Kurang ada tenggang rasa dengan
orang lain
|
81
|
Sering melupakan milik orang lain
yang dipinjam
|
82
|
Kurang hormat dengan orang lain
yang lebih tua
|
83
|
Kurang hormat dengan wanita
|
84
|
Membenci teman yang punya
kelebihan
|
85
|
Ada perasaan senang menceritakan
hal yg berbau porno
|
86
|
Sangat segaul dengan orang yang
agak ugal-ugalan
|
87
|
Kurang senang dengan wanita atau
pria pendiam
|
|
V. REKREASI DAN HOBY
|
88
|
Keinginan untuk rekreasi selalu
terhalang
|
89
|
Gemar melukis tetapi tidak
mempunyai alat lukis
|
90
|
Waktu libur saya harus belajar
|
91
|
Suka olah raga tetapi tidak ada
kesempatan
|
92
|
Lebih suka buku hiburan daripada
buku pelajaran
|
93
|
Orang tua saya tidak pernah
mengajak rekreasi
|
94
|
Terlalu sering rekreasi keluar
kota
|
95
|
Sebagian besar waktu saya pakai
untuk belajar
|
96
|
Waktu saya banyak terpakai untuk
membantu orang tua
|
97
|
Saya tidak bisa menggunakan waktu
luang saya
|
98
|
Setiap ada film baru, saya nonton
|
99
|
Salah satu keluarga saya sering
menghalangi hoby saya
|
100
|
Kesenangan membaca majalah
menghabiskan waktu belajar
|
101
|
Habis waktu saya untuk menonton TV
|
102
|
Waktu luang banyak terpakai untuk
hoby
|
103
|
Waktu luang banyak terpakai untuk
ngobrol
|
104
|
Waktu banyak terpakai untuk
latihan seni
|
105
|
Saya tidak senang rekreasi
|
106
|
Lebih tenang di rumah dari pada
hoby di luar rumah
|
|
VI. HUB. PRIBADI
|
107
|
Tidak suka bergaul dengan orang
lain yang kedudukannya lebih rendah
|
108
|
Tidak suka bergaul dengan orang
lain yang kedudukannya lebih tinggi
|
109
|
Sering merasa malu dengan kawan
lawan jenis
|
110
|
Sering merasa iri hati
|
111
|
Sukar mendapat teman
|
112
|
Tidak suka bertamu
|
113
|
Enggan menerima tamu
|
114
|
Merasa rendah diri
|
115
|
Sering merasa curiga terhadap
orang lain
|
116
|
Bersikap kaku dan tidak toleran
|
117
|
Bersikap dingin dalam bergaul
|
118
|
Sering ingin bunuh diri
|
119
|
Merasa pesimis (tidak punya
harapan)
|
120
|
Saya ingin lebih menarik
|
|
VII. HUB. SOSIAL DAN ORGANISASI
|
121
|
Tidak senang bermain dalam
kelompok
|
122
|
Sering gagal dalam usaha mencari
teman
|
123
|
Sukar bergaul
|
124
|
Merasa tidak disenangi kawan-kawan
di luar sekolah
|
125
|
Senang menjadi pusat perhatian
|
126
|
Tidak berminat dalam organisasi
|
127
|
Terlalu aktif dalam berorganisasi
|
128
|
Sukar menyesuaikan diri
|
129
|
Mudah tersinggung
|
130
|
Takut bergaul dengan atasan
|
131
|
Tidak tertarik menjadi pemimpin
|
132
|
Tidak pernah mengemukakan suatu
pendapat
|
133
|
Sering bertentangan pendapat
dengan orang lain
|
134
|
Sukar menerima kekalahan
|
135
|
selalu ingin berkuasa dalam
bergaul
|
136
|
Bingung bila berhadapan dengan
orang banyak
|
137
|
Mudah merasa malu
|
138
|
Mudah marah
|
139
|
Sering tidak sabar
|
140
|
Sering tidak menepati janji
|
141
|
Tidak dapat menerima kritik
|
142
|
Bersifat tertutup
|
143
|
Lebih senang menjadi anggota
daripada ketua
|
144
|
Jarang diajak bermain-main bersama
oleh teman
|
|
VIII. MASALAH REMAJA
|
145
|
Memikirkan masalah cinta adalah
soal yang terlalu awal bagi saya
|
146
|
Cinta adalah bagian dari hidup
saya
|
147
|
Merasa tabu membicarakan soal
cinta
|
148
|
Bercinta di masa sekolah dapat
menajdi dorongan
|
149
|
Bercinta di masa sekolah dapat
menghancurkan semangat
|
150
|
Saya mulai tertarik pada lawan
jenis
|
151
|
Saya lebih tertarik pada teman
sejenis
|
152
|
Saya pernah patah hati ditinggal
pacar
|
153
|
Saya sering membayangkan adegan
cinta
|
154
|
Saya gemar melihat film atau
membaca buku yang bertema cinta
|
155
|
Saya terpaksa pacaran
sembunyi-sembunyi
|
156
|
Saya merasa jijik atau muak jika
ada orang membicarakan cinta
|
157
|
Saya tidak bisa belajar jika ada
orang yg membicarakan masalah cinta
|
158
|
Saya sering melamun membicarakan
si-Dia
|
|
IX.. PENYESUAIAN TERHADAP SEKOLAH
|
159
|
Saya sering malas masuk sekolah
|
160
|
Saya sering meninggalkan pelajaran
|
161
|
Saya sering membolos
|
162
|
Saya ingin pindah ke kelas lain
|
163
|
Saya ingin pindah sekolah
|
164
|
Saya sering merasa cemas jika ada
ulangan
|
165
|
Bahan pelajaran sulit dikuasai
|
166
|
Saya ingin menjadi pengurus osis
tetapi tidak terpilih
|
167
|
Ada beberapa pelajaran yang tidak
saya sukai
|
168
|
Pelajaran disekolah terlalu
membosankan
|
169
|
Saya merasa kurang dimengerti oleh
guru
|
170
|
Peraturan sekolah terlalu
membosankan
|
171
|
Pribadi guru yang menyebabkan
pelajaran tidak diperhatikan
|
172
|
Beberapa mata pelajaran saya
anggap tidak perlu
|
173
|
Di sekolah saya tidak memusatkan
perhatian
|
174
|
Di dalam kelas saya sering melamun
|
175
|
Saya sering datang terlambat
|
176
|
Seorang kawan salalu menjengkelkan
saya
|
177
|
Tidak ada teman yang saya sukai
untuk belajar
|
|
X. PENYESUAIAN TERHADAP KURIKULUM
|
178
|
Pelajaran di sekolah terlalu berat
|
179
|
Pelajaran di sekolah terlalu mudah
|
180
|
Sukar mendapatkan buku pelajaran
|
181
|
Saya takut terhadap ulangan
|
182
|
Saya tidak suka belajar
|
183
|
Saya mengerti isi buku pelajaran
|
184
|
Saya tidak berminat terhadap buku
|
185
|
Saya sering mendapatkan nilai
rendah
|
186
|
Saya tidak senang belajar bersama
|
187
|
Saya sukar menangkap dan mengikuti
pelajaran
|
188
|
Saya sering mearasa khawatir jika
mendapat giliran maju dikelas
|
189
|
Saya sering kesulitan dalam
mengerjakan PR
|
190
|
Pelajaran yang bersifat hitungan
sukar bagi saya
|
191
|
Pelajaran yang bersifat hafalan
sukar bagi saya
|
192
|
Saya merasa segan membaca buku di
perpustakaan
|
|
XI. KEBIASAAN BELAJAR
|
193
|
Saya belajar kalaun ada ulangan
|
194
|
Saya belajar tidak teratur
waktunya
|
195
|
Saya belajar hanya waktu malam
hari
|
196
|
Saya belajar hanya waktu siang
hari
|
197
|
Saya sukar memusatkan perhatian
waktu belajar
|
198
|
Saya sukar mengingat pelajaran
yang telah dihafal
|
199
|
Saya sulit memulai belajar
|
200
|
Kalau belajar saya sering
mengantuk
|
201
|
Saya sering merasa malas belajar
|
202
|
Saya sering merasa terganggu
saudara ketika belajar
|
203
|
Saya belajar dengan cara menghafal
|
204
|
Saya belajar dengan cara
membanyangkan
|
205
|
Saya belajar dengan cara membuat
ringkasan
|
206
|
Saya tidak dapat menerapkan cara
belajar yang baik
|
207
|
Saya sering menyalin PR teman
|
|
XII. KARIER DAN CITA-CITA
|
208
|
Saya tidak tahu berbuat apa
setelah MTs
|
209
|
Saya sukar menetapkan pilihan
sekolah lanjutan
|
210
|
Saya khawatir tidak diterima di
sekolah menengah atas
|
211
|
Saya ingin melanjutkan sekolah
kejenjang yang lebih tinggi
|
212
|
Saya merasa pesimis dengan masa
depan
|
213
|
Saya khawatir nantinya tidak bisa
mandiri
|
214
|
Saya ingin mengetahui bakat dan
kemampuan diri
|
215
|
Cita-cita saya tidak sesuai dengan
kemampuan saya
|
216
|
Saya bingung menentukan sikap
setalah lulus nanti
|
217
|
Saya merasa bingung bila tidak
melanjutkan sekolah
|
218
|
Saya sering cemas jika mengingat
masa depan
|
219
|
Orang tua sering memaksa saya
dalam mengarahkan cita-cita
|
220
|
Saya tidak mempunyai gambaran
tentang cita-cita saya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar