Nama : Lia Gustina Ais
NPM : 10110117/BK VC
Tugas
Mata Kuliah Metode Penelitian
Materi : Menbuat Judul Skripsi
Judul
“Efektivitas
Pemberian Punisment and Reward Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Anak Usia
Dini Pada Raudhatul Atfal Al-Ulya 2, Bandar Lampung.” Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui sejauhmana keefektivan pemberian punishment and reward
terhadap motivasi dan hasil belajar anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Punisment
and Reward, motivasi dan Hasil Belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi partisipan. Teknik analisis data menggunakan
uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi dan uji linieritas. Jumlah subyek
penelitian ini adalah anak didik yang tergabung dalam tingkat B, pada sekolah
tersebut di atas. Subyek penelitian diberikan dua macam skala yaitu skala pemberian
punishment dan skala pemberian reward.
Kerangka
berfikir
Salah
satu teknik atau metode pendidikan adalah pendidikan dengan pemberian
penghargaan dan hukuman. Penghargaan atau hadiah dalam pendidikan anak akan
memberikan motivasi untuk terus meningkatkan atau paling tidak mempertahankan
prestasi yang telah didapatnya, di lain pihak temannya yang melihat akan ikut
termotivasi untuk memperoleh hal yang sama.
Sedangkan
hukuman atau sanksi sangat berperan penting dalam pendidikan anak sebab
pendidikan yang terlalu lunak akan membentuk anak kurang disiplin dan tidak
mempunyai keteguhan hati. Hukuman atau sanksi yang baik adalah tidak mematahka
motivasi anak didik. Bisa berupa pemberian tugas yang lebih denga tujuan agar anak dapat memperbaiki
tindakan yang akan ia lakukan.
Anak usia dini adalah anak yang
berada pada rentang usia 0 – 6 tahun dan mereka biasanya mengikuti program
prasekolah atau kindergarten.
Motivasi adalah dorongan atau
tenaga yang merupakan gerak jiwa dan
jasmani untuk berbuat. Jadi motif tersebut merupakan suatu driving force yang
menggerakkan manusia untuk bertingkah-laku, dan di dalam perbuatannya itu
mempunyai tujuan tertentu. Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu
di mulai dengan motivasi (niat).
Hasil belajar adalah suatu kemampuan
atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut mengalami aktivitas belajar
Jadi pemberian punishment and reward
terhadap motivasi dan hasil belajar anak usia dini dapat di artikan sebagai,
pemberian suatu tindakan yang bersifat padegogik kepada anak usia prasekoah
dasar baik berupa punishment (hukuman) dan reward (penghargaan atau hadiah)
untuk meningkatkan suatu tujuan dalam pembelajaran dengan baik, sehingga di peroleh suatu prestasi atau
keterampilan dari anak didik yang efektif setelah ia mengalami aktivitas
belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar