Loading...

9 Oktober 2012

contoh abstrak

-->
Nama   : Lia Gustina Ais
NPM   : 10110117/BK VC
Tugas Mata Kuliah Metode Penelitian
Materi  : Menbuat Judul Skripsi

Judul
“Efektivitas Pemberian Punisment and Reward Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Anak Usia Dini Pada Raudhatul Atfal Al-Ulya 2, Bandar Lampung.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana keefektivan pemberian punishment and reward terhadap motivasi dan hasil belajar anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Punisment and Reward, motivasi dan Hasil Belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi partisipan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi dan uji linieritas. Jumlah subyek penelitian ini adalah anak didik yang tergabung dalam tingkat B, pada sekolah tersebut di atas. Subyek penelitian diberikan dua macam skala yaitu skala pemberian punishment dan skala pemberian reward.

Kerangka berfikir
Salah satu teknik atau metode pendidikan adalah pendidikan dengan pemberian penghargaan dan hukuman. Penghargaan atau hadiah dalam pendidikan anak akan memberikan motivasi untuk terus meningkatkan atau paling tidak mempertahankan prestasi yang telah didapatnya, di lain pihak temannya yang melihat akan ikut termotivasi untuk memperoleh hal yang sama.
Sedangkan hukuman atau sanksi sangat berperan penting dalam pendidikan anak sebab pendidikan yang terlalu lunak akan membentuk anak kurang disiplin dan tidak mempunyai keteguhan hati. Hukuman atau sanksi yang baik adalah tidak mematahka motivasi anak didik. Bisa berupa pemberian tugas yang  lebih denga tujuan agar anak dapat memperbaiki tindakan yang akan ia lakukan.
Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0 – 6 tahun dan mereka biasanya mengikuti program prasekolah atau kindergarten.
Motivasi adalah dorongan atau tenaga yang  merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Jadi motif tersebut merupakan suatu driving force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah-laku, dan di dalam perbuatannya itu mempunyai tujuan tertentu. Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu di mulai dengan motivasi (niat).

Hasil belajar adalah suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah  siswa tersebut mengalami aktivitas belajar

Jadi pemberian punishment and reward terhadap motivasi dan hasil belajar anak usia dini dapat di artikan sebagai, pemberian suatu tindakan yang bersifat padegogik kepada anak usia prasekoah dasar baik berupa punishment (hukuman) dan reward (penghargaan atau hadiah) untuk meningkatkan suatu tujuan dalam pembelajaran dengan baik,  sehingga di peroleh suatu prestasi atau keterampilan dari anak didik yang efektif setelah ia mengalami aktivitas belajar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar